Tugas TI (Tutorial Windows 7 dan lain-lain)

| Kamis, 03 Oktober 2013
Pada postingan kali ini, saya akan memberikan tutorial menginstal Windows 7 dari CD. Berikut penjelasannya.

Pertama masukkan CD Windows 7 Anda ke dalam DVD/CD Rom.

Pilih bahasa Anda, waktu & format mata uang, keyboard atau metode input dan klik Next.


Klik Install now
 
Conteng I accept the license terms dan klik Next.


Klik Upgrade jika Anda sudah mempunyai versi Windows sebelumnya atau Custom (advanced) jika anda tidak memiliki versi Windows sebelumnya atau ingin menginstal salinan baru Windows 7.



(Lewati langkah ini jika Anda memilih Upgrade dan hanya memiliki satu partisi) Pilih drive mana Anda ingin menginstal Windows 7 dan klik Next. Jika Anda ingin membuat partisi, klik opsi Drive options (advanced), buatlah partisi dan kemudian klik Next.


Sekarang akan dimulai menginstal Windows 7. Langkah pertama, (yaitu Windows mulai menyalin file) sudah dilakukan ketika anda booting CD Windows 7 sehingga akan selesai seketika.


Setelah menyelesaikan langkah pertama, ia akan memperluas (decompress) file yang telah disalin.


Langkah ketiga dan keempat juga akan diselesaikan langsung seperti langkah pertama.


Setelah itu secara otomatis akan restart setelah 15 detik dan melanjutkan setup. Anda juga dapat klik Restart now untuk restart tanpa perlu menunggu.


Setelah restart untuk pertama kalinya, proses setup akan dilanjutkan. Ini adalah langkah terakhir sehingga akan mengambil waktu yang agak lama daripada langkah sebelumnya.


Sekarang akan otomatis restart lagi dan melanjutkan setup. Anda dapat klik Restart now untuk restart tanpa perlu menunggu.


Ketik nama pengguna yang Anda inginkan dalam kotak teks dan klik Next. Nama komputer akan otomatis terisi.


Jika Anda ingin mengatur sandi, ketik di kotak teks dan klik Next.


Ketik kunci produk Anda dalam kotak teks dan klik Next. Anda juga dapat melewatkan langkah ini dan cukup klik Next jika Anda ingin mengetik kunci produk nanti. Windows akan berjalan hanya selama 30 hari jika Anda melakukan ini.


Pilih opsi yang Anda inginkan untuk Windows Update.


Pilih zona waktu dan klik Next.


Jika anda terhubung ke jaringan apapun, ia akan meminta Anda untuk menetapkan lokasi jaringan.


Penginstalan telah selesai.

Perbedaan antara Win7 x64 dan Win7 x86
Windows7 x64 (64 bit) memiliki kemampuan yang lebih besar untuk menjalankan aplikasi berat dibandingkan x86(32 bit) cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan RAM yang besar seperti Desain Grafis, atau untuk para Gamer.Windows 7 x64 (64 bit) akan memberikan performa yang lebih baik dan maksimal dibandingkan windows 7 x86(32 bit). windows 7 x64 (64 bit) mendukung upgrade memory sampai 193 GB, sedangkan windows 7 32-bit hanya sampai 3GB.

Perbedaan Pilihan Instal Windows 7 yang Upgrade dan Custom
Penginstalan menggunakan Upgrade bisa dipilih jika sudah memiliki Windows versi sebelumnya. Sedangkan penginstalan menggunakan Custom dipilih jika kita tidak memiliki Windows versi sebelumnya atau ingin menginstal salinan baru Windows 7.

Minimal, space yang disediakan untuk sistem operasi Windows 7 adalah 16 GB.

Jenis-jenis Partisi
Partisi Extended, partisi ini juga merupakan partisi utama pada harddisk. Partisi Extended berfungsi untuk mengatasi keterbatasan pembagian partisi. Partisi Extended tidak menangani pengolahan data secara langsung. Untuk dapat menggunakannya, kita harus menciptakan Partisi Logical terlebih dahulu. Bisa dibilang tipe partisi ini adalah partisi lain selain Partisi Primary. 

Partisi Logical, merupakan partisi sampingan yang terdapat pada partisi Extended. Partisi Logical mampu menampung berbagai macam file data.Contohnya drive :D, :E, :F, dan seterusnya pada Windows. Jadi, partisi Extended terdiri dari Partisi Logical.   
  

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲