Tugas

| Selasa, 01 Oktober 2013


Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar. Tujuan pokok sistem komputer yaitu mengolah data untuk menghasilkan informasi.
Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware).


Hardware
Komputer adalah sebuah alat elektronik yang terdiri dari tiga bagian sistem, yaitu: perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan manusia (brairuvare). Perangkat keras (hardware) adalah perangkat yang secara fisik dapat dilihat dan diraba, yang membentuk suatu kesatuan, sehingga dapat difungsikan. Berdasarkan kegunaannya, perangkat keras (hardware) digolongkan ke dalam lima bagian utama, yaitu: alat input, alat proses, alat output, storage, dan peripheral (unit tambahan). 

Alat Input 
1. Keyboard
Keyboard adalah Perangkat yang mempunyai tuts seperti pada mesin tik, yang dilengkapi beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi, seperti tombol fungsi F1, F2, F3, dst, tombol Delete, tombol Esc, tombol Insert, dan sebagainya.

2. Mouse
Mouse adalah perangkat yang berfungsi menggerakkan pointer, menunjuk perintah atau program, seperti pada desktop lavar monitor.

3.  Joy Stick
Joystick adalah alat untuk mendukung berbagai program permainan (game) komputer.
 


Alat Proses
Alat proses atau CPU (Central Processing Unit), merupakan alit atau unit terpenting di dalam sistem komputer. Tugas utamanya ialah mengontrol sistem komputer (hardware dan software) selama pengolahan data berlangsung.

1. Casing
Casing adalah perangkat berbentuk tabung yang digunakan untuk wadah atau tempat perangkat-perangkat keras (hardware) CPU.

2. Power Supply
Power supply adalah perangkat yang berfungsi menvalurkan arus listrik ke berbagai perangkat CPU. Perangkat ini memiliki lima konektor atau lebih, yang dapat disambungkan ke berbagai perangkat. seperti motherboard, harddisk, floppy disk drive. CD ROM, dan sebagainya.

3. Mother Board
Motherboard adalah perangkat terpenting di dalam komputer, yang dijadikan media atau tempat untuk memasang, atau meletakkan berbagai perangkat seperti processor, memori, card VGA, Sound card, card I/O dan sebagainya.

4. Processor
Prosesor adalah sebuah chip (mikroprocessor) yang merupakan otak dan pusat pengendali berbagai perangkat komputer, sehingga dapat bekerja satu sama lain.

5. Heatsink Fan
Heatsink Fan adalah perangkat yang berfungsi menyerap panas pada prosesor.

6. Memori
Memori adalah perangkat yang berfungsi mengolah data dan instruksi. Semakin besar memori yang disediakan, semakin banyak data maupun instruksi yang dapat diolahnya.

7. Card Grafis (VGA atau AGP)
Card grafis adalah perangkat berupa rangkaian elektronik berbentuk seperti kartu, yang berfungsi mengolah kualitas gambar pada layar monitor. Beberapa jenis Card Grafis: PCI Card, AGP Card, dan PCI Express Card
 


Alat Output
Alat output adalah alat untuk menampilkan basil pengolahan data dari CPU. Contoh-contoh alat output yaitu:
1. Monitor
2. Printer
3. Speaker
4. Headphone


Storage (Alat Penyimpanan)
Macam-macam alat penyimpanan yaitu:


1. Floppy Disk/ Disket
2. CD (Compac Disk)
3. USB (Flash Disk)
4. Headphone
5. Hard Disk


            Peripheral

Contoh-contoh alat peripheral yaitu:
1. Modem
2. Scanner
3. TV Tuner
4. Camera Digital
5. Camera Web
6. UPS 



Software
Software merupakan perangkat lunak yang tidak dapat disentuh maupun dilihat wujud fisiknya. Sekalipun tidak berwujud fisik, keberadaan software sangat penting. Software dibuat untuk menjalankan hardware komputer agar dapat berjalan sesuai fungsi yang diinginkan. Software dapat dibedakan atau dibagi berdasarkan jenis.

Operating System (Sistem Operasi).
Software jenis ini memiliki fungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan semua komponen dan fungsi komputer. Sistem operasi harus ada di setiap komputer dan menjembatani interaksi antara komputer dan penggua (user). Beberapa contoh sistem operasi diantaranya adalah DOS, Windows, UNIX, dan linux.

Programming Language (Bahasa Pemrograman).
Software jenis ini memberikan instruksi standar yang melibatkan sintak dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program aplikasi komputer (computer application program). Ada banyak sekali bahasa pemrograman, dan beberapa yang terkenal adalah Java, PHP, dan Microsoft Visual Basic.

Application Program (Program Aplikasi).
Software yang ditujukan untuk keperluan dan kegunaan khusus dan tertentu, misalnya untuk akuntansi, presentasi, perpustakaan, dan lain-lain. Semua program aplikasi dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman. Beberapa contoh program aplikasi adalah Microsoft Office Word untuk membuat dokumen, Myob untuk akuntansi, OpenOffice.org Impress untuk presentasi, dan lain-lain.




Brainware

Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal. Menjadi seorang brainware ada 4 syarat yaitu: sehat akal, tidak terganggu jiwanya, sadar, dan mampu mengoperasikan.



Komputer dapat dibedakan lagi menjadi berbagai golongan. Golongan-golongannya yaitu:

- Berdasarkan data yang diolah

- Berdasarkan penggunaan

- Berdasarkan ukuran

- Berdasarkan generasi


            Komputer berdasarkan data yang diolah ada 3 jenis, yaitu:

- Analog Komputer

- Digital Komputer

- Hybrid Komputer



Data analog memiliki ciri sebagai berikut: bersifat kontinyu dan prosesnya lebih cepat.
Data Digital memiliki ciri sebagai berikut: data berupa angka, dan hasilnya lebih tepat tetapi tak secepat data analog.
Data Hybrid adalah gabungan data analog dan digital.

Berdasarkan penggunaannya komputer ada 2, yaitu Special-Purpose Computer (umumnya analog komputer) dan General-Purpose Computer (umumnya digital komputer).

Berdasarkan ukuran komputer ada 6 jenis, yaitu:
- Micro Komputer
- Mini Komputer
- Small Komputer
- Medium Komputer
- Large Komputer
- Super Komputer




0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲