Jaringan Komputer Menggunakan Kabel LAN

| Minggu, 01 Desember 2013
Pada kesempatan kali ini Saya akan membagikan info mengenai jaringan komputer menggunakan kabel LAN.

1. Siapkan kabel twisted pair 1 meter untuk dua komputer (untuk percobaan), RJ45 2 buah, dan Crimping (tang penjepit RJ45).
2. Buka bagian kulit ujung kabel dan susun kabel itu jadi sambungan straight. Lepas pilinan kabel yang ada lalu perhatikan warnanya, susun sesuai urutan berikut (Putih Orange - Orange - Putih Hijau - Biru - Putih Biru - Hijau - Putih Coklat - Coklat).
3. Lakukan step 2 di ujung yang lain.
4. Lalu masukkan kabel yang sudah disusun sesuai dengan warnanya tadi ke bagian dalam RJ45, pastikan susunan warnanya telah tepat. Kemudian jepit lempeng kuning RJ45 dengan crimping sampai berbunyi. Pastikan juga bagian pin yang ada di dalam RJ45 menembus kabelnya.
5. Lakukan step 4 pada ujung satunya.
6. Kabel sambungan telah siap untuk digunakan.

Langkah berikutnya untuk menyambungkan PC dengan PC yang lain.

1. Pastikan kabel telah tersambung ke kedua komputer yang ingin disambungkan. Cara untuk menceknya masuk ke Control Panel. Klik Network and Internet.














Klik Network and Sharing Center.













Kemudian klik Change Adapter Setting













Lihat di Local Area Connection akan tertulis Cable Plugged.


Klik Local Area Connection lalu pada bagian networking, pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik Properties.


Akan muncul IP address (isi dengan 192 . 168 . 1 . 1 untuk komputer 1 dan 192 . 168 . 1 . 2 untuk komputer 2) dan Subnet mask ( isi dengan 255 . 255 . 255 . 0 untuk kedua komputer) dan untuk Default Gateway isi dengan 192.168.1.3. Klik OK.


Pastikan komputer 2 juga dilakuin step 1, 2 dan 3 tadi.

Jika sudah buka My Computer, pilih folder yang ingin kita sharing. Klik kanan pada folder, pilih Properties, pilih Sharing, lalu klik Share.
Pilih Everyone pada pilihan. Klik add dan kemudian Anda bisa pilih apakah komputer 2 hanya bisa membaca atau bisa juga mengubah isi file. Yang terakhir klik Share.








Teman dari komputer lain bisa akses file yang disharing tadi dengan membuka My Computer - Network - Klik PC yang ada di sana.
Selesai

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲